Loading...
Loading...

UEFA Resmi Ciptakan Kompetisi Baru di Bawah Liga Champions dan Liga Europa

UEFA Resmi Ciptakan Kompetisi Baru di Bawah Liga Champions dan Liga Europa
KabarBola - UEFA Resmi Ciptakan Kompetisi Baru di Bawah Liga Champions dan Liga Europa -  Badan sepak bola Eropa, UEFA resmi mengumumkan pembuatan kompetisi klub kasta ketiga di bawah Liga Champions dan Liga Europa yang akan dilansungkan sejak 2021 mendatang. Kompetisi ini akan meniru format Liga Champions dan Liga Europa saat ini.

Menukil reuters.com, pada pertemuan UEFA di Dublin beberapa waktu lalu, Executive Committee (ExCo) UEFA menuntaskan rencana untuk memperkenalkan kompetisi baru dengan working title 'UEL2'. Kompetisi ini akan melibatkan 32 tim dalam fase grup pada tahun 2021 sampai 2024 mendatang.

Kompetisi ini juga menyebabkan perubahan pada Liga Europa. Peserta fase grup Liga Europa akan dikurangi, dari 48 tim jadi 32 tim saja.

Meski demikian, Liga Champions tak akan berubah. Hal ini berarti empat liga top Eropa - Spanyol, Inggris, Jerman, dan Italia - masing-masing tetap mendapatkan empat spot di fase grup.

"Tidak ada perubahan yang akan dilakukan pada format dan daftar akses UEFA Champions League," demikian pernyataan UEFA di laman resminya.

Kompetisi baru ini juga akan melibatkan 34 negara di fase grup (saat ini hanya 26 negara). UEFA melakukan hal ini untuk memenuhi tuntutan negara-negara Eropa yang ingin merasakan kompetisi melawan tim negara lain.

"Kompetisi klub UEFA yang baru akan membuat kompetisi ini lebih inklusif daripada sebelumnya. Akan ada lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub, dengan lebih banyak asosiasi sepak bola yang terwakili di fase grup," kata presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

"Kompetisi ini terlahir dari dialog berkelanjutan dengan banyak klub yang terlibat dalam European Club Association."

Kompetisi baru ini akan melangsungkan 141 pertandingan dalam 15 laga per pekan, sama persis dengan Liga Europa. Dimulai dari delapan grup dengan masing-masing empat tim, lalu ke 15 besar, perempat final, semifinal dan final.

Juga, akan dilangsungkan fase knock-out antara 16 tim yang berposisi kedua di grupnya melawan tim posisi ketiga di grup yang sama Liga Europa.

Hadirnya kompetisi baru ini tentu akan meningkatkan kualitas Liga Europa. Selama ini Liga Europa selalu dipandang sebelah mata, dianggap tak terlalu berarti karena berada di bawah Liga Champions.

Tim liga top Eropa yang menduduki posisi ke-7 dalam klasemen akhir akan langsung mendapatkan tempat di fase grup kompetisi ketiga ini. Sementara liga-liga yang lebih rendah akan menyumbangkan tim yang menduduki posisi kedua, ketiga, dan keempat di klasemen akhir.

Pemenang kompetisi ketiga ini akan bermain di Liga Europa musim berikutnya. (Sumber : Bola.net)
Loading...